S e l a m a t D a t a n g P a r a T a m u T a k D i U n d a n g !!!!

Kode Etik Dan Profesionalisme Guru

KODE ETIK DAN PROFESIONALISME GURU
1. PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pendidik mempunyai dua arti, secara luas artinya ialah semua orang yang berkewajiban membina anak-anak. Secara alamiah anak, sebelum mereka dewasa menerima pembinaan dari orang-orang dewasa agar mereka dapat berkembang dan bertumbuh secara wajar. Orang-orang yang berkewajiban membina anak-anak secara alamiah adalah orang tua masing-masing, warga masyarakat, dan tokoh-tokohnya.
Sedangkan pendidik dalam arti sempit adalah seseorang yang disiapkan dengan sengaja untuk menjadi guru dan dosen. Kedua pendidik ini diberi pelajaran tentang pendidikan dalam waktu relative lama agar mereka menguasai ilmu itu dan terampil dalam melaksanakannya dalam mengajar.
Seorang pendidik yang akan dibahas penulis disini adalah seorang guru. Dalam penyusunan makalah ini akan dibahas lebih jelas tentang pengertian kode etik dan profesionalisme guru, macam-macam kode etik guru, dan aspek profesionalisme guru.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Setelah mengetahui latar belakang penulisan makalah ini diatas, terdapat beberapa masalah yang harus dibahas lebih jelas, antara lain sebagai berikut:
1.2.1 Apa pengertian dari kode etik dan profesionalisme guru?
1.2.2 Apa saja kode etik guru ?
1.2.3 Apa saja aspek profesionalisme guru?
1.3 TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah diatas, penulisan makalah ini bertujuan sebagai berikut:
1.3.1 Mengetahui pengertian kode etik dan profesionalisme guru
1.3.2 Mengetahui macam-macam kode etik guru
1.3.3 Mengetahui aspek profesionalesme guru


KODE ETIK DAN PROFESIONALISME GURU
2.1 Pengertian Kode Etik dan Profesionalisme Guru
Istilah kode etik itu terdiri dari dua kata, yakni kode dan etik. Kata etik berasal dari bahasa Yunani, ethos yang berarti watak, adab, atau cara hidup. Sehingga etik dapat diartikan ”menunjukkan cara berbuat yang menjadi adat, karena persetujuan dari kelompok manusia”. Istilah kode ialah sistem nilai-nilai yang biasanya dikaji oleh etik itu sendiri, maka terwujud apa yang disebut kode etik itu. Secara harfiah, kode etik berarti sumber etik. Sedangkan etika artinya tata susila atau hal-hal yang berhubungan dengan kesusilaan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dapat disimpulkan bahwa istilah kode etik guru ialah sebagai aturan tata susila keguruan. Menurut Westby Gibson, kode etik guru dikatakan sebagai suatu statemen formal yang merupakan norma (aturan tata susila) dalam mengatur tingkah laku guru.
Sedangkan istilah profesionalisme berasal dari kata profesi yang artinya suatu bidang pekerjaan yang ingin atau akan ditekuni noleh seseorang. Profesi juga diartikan sebagai suatu jabatan atau pekerjaan tertentu yang mensyaratkan pengetahuan dan ketrampilan khusus yang diperoleh dari pendidikan akademis yang intensif (Webstar, 1989). Profesi adalah suatu pekerjaan jabatan yang menuntut keahlian tertentu, artinya suatu pekerjaan atau jabatan yang disebut profesi tidak dapat dipegang oleh sembarang orang, tetapi memerlukan persiapan melalui npendidikan dan pelatihan secara khusus. Sedangkan profesionalisme adalah kondisi, arah, nilai, tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan yang berkaitan dengan mata pencaharian seseorang. Jadi, profesionalisme guru adalah merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian.
Profesionalisme guru mempunyai makna penting, yaitu:
a. profesionalisme guru memberikan jaminan perlindungan kepada kesejahteraan masyarakat umum
b. profesionalisme guru merupakan suatu cara untuk memperbaiki profesi pendidikan yang selama ini dianggap oleh sebagian masyarakat
c. profesionalisme memberikan kemungkinan perbaikan dan pengembangan diri yang memungkinkan guru dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin dan memaksimalkan kompetensinya.
2.2 Kode Etik Guru
Guru sebagai tenaga professional perlu memilki kode etik guru dan menjadikannya sebagai pedoman yang mengatur pekerjaan guru selama dalam pengabdian. Kode etik guru ini merupakan ketentuan yang mengikat semua sikap dan perbuatan guru. Bila guru telah melakukan perbuatan asusila amoral berarti guru telah melanggar kode etik guru, sebab kode etik guru ini sebagai salah satu cirri yang harus ada pada profesi guru itu sendiri.
Mengenai kode etik guru, penulis membahas guru di Negara Indonesia. Berikut ini akan dikemukakan kode etik guru Indonesia sebagai hasil rumusan kongres PGRI XIII pada tanggal 21-25 November 1973 di Jakarta. Antara lain sebagai berikut:
a. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
b. Guru memiliki kejuruan professional dalam menerapkan kurikulum sesuai kebutuhan anak didik masing-masing.
c. Guru mengadakan komunikasi, terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
d. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua anak didik sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
e. Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
f. Guru sendiri atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
g. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesame guru, baik berdasarkan lingkungan kerja maupun dalam hubungan keseluruhan.
h. Guru secara hukum bersama-sama memelihara, membina, dan meningkatkan mutu organisasi guru professional sebagai sarana pengabdiannya.
i. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Kode etik guru ini merupakan suatu yang harus dilaksanakan sebagai barometer dari semua sikap dan perbuatan guru dalam berbagai segi kehidupan, baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Hampir semua guru telah menaati peraturan perundang-undangan dan kedinasan, akan tetapi masih banyak yang mengembangkan profesinya secara kontinu dan ikut memelihara serta memajukan mutu organisasi profesi.
2.3 Aspek Profesionalisme Guru
Guru profesional adalah guru yang mengenal dirinya. Yaitu, dirinya adalah pribadi yang dipanggil untuk mendampingi peserta didik untuk atau dalam belajar. Guru dituntut mencari tahu terus menerus bagaimana seharusnya peserta didik itu belajar. Maka, apabila ada kegagalan peserta didik, guru terpanggil untuk menemukan penyebabnya dan mencari jalan keluar bersama peserta didik bukan mendiamkannya atau malahan menyalahkannya. Sikap yang harus senantiasa dipupuk adalah kesediaan untuk memurnikan keguruannya. Mau belajar dengan meluangkan waktu untuk menjadi guru. Seorang guru yang tidak bersedia belajar, tidak mungkin tahan dan bangga menjadi guru, padahal hal itu adalah langkah menjadi guru yang professional.
Guru yang professional pada intinya adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu, membedah aspek profesionalisme guru berarti mengkaji kompetensi yang harus dimiliki seorang guru.
Menurut Soedijarto kemampuan professional guru meliputi:
a. Merancang dan merencanakan program pembelajaran
b. Mengembangkan program pembelajaran
c. Mengelola pelaksanaan program pembelajaran
d. Menilai proses dan hasil pembelajaran
e. Mendiagnosis factor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran.
Untuk dapat dikuasainya lima kemampuan professional tersebut diperlukan pengetahuan dasar dan pengetahuan professional, seperti pengetahuan tentang; perkembangan dan karakteristik peserta didik; disiplin ilmu pengetahuan sebagai sumber bahan pelajaran; konteks social, budaya, politik, dan ekonomi tempat sekolah beroperasi; tujuan pendidikan; teori belajar, baik umum maupun khusus; teknologi pendidikan yang meliputi model belajar dan mengajar; dan sistem evaluasi proses dan hasil belajar (Soedijarto, 2005).
Dari sumber lain, kemampuan dasar profesionalisme guru antara lain sebagai berikut:
a. Menguasai bahan
 Menguasai bahan mata pelajaran dan kurikulum sekolah
 Menguasai bahan pendalaman atau aplikasi pelajaran
b. Mengelola program belajar mengajar
 Merumuskan tujuan instruksional
 Mengenal dan dapat menggunakan metode mengajar
 Memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat
 Melaksanakan program belajar mengajar
 Mengenal kemampuan anak didik
 Merenanakan dan melaksanakan pengajaran remedial
c. Mengelola kelas
 Mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran
 Menciptakan iklim belajar mengajar yang serasi
d. Menggunakan media sumber
 Mengenal, memilih, dan menggunakan media
 Membuat alat-alat bantu pelajaran sederhana
 Menggunakan dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar mengajar
 Mengembangkan laboratorium
 Menggunakan perpustakaan dalam proses belajar mengajar
e. Menguasai landasan kependidikan
f. Mengelola interaksi belajar mengajar
g. Menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
h. Mengenal fungsi dan program pelayanan BK
 Menyelenggarakan program layanan BK di sekolah
i. Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
 Mengenal penyelenggaraan administrasi sekolah
 Menyelenggarakan administrasi sekolah
j. Memahami prinsip-prinsip dan mentafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran


PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.1.1 Pengertian Kode Etik Dan Profesionalisme Guru
kode etik guru ialah sebagai aturan tata susila keguruan. Menurut Westby Gibson, kode etik guru dikatakan sebagai suatu statemen formal yang merupakan norma (aturan tata susila) dalam mengatur tingkah laku guru.
, profesionalisme guru adalah merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian.
3.1.2 Kode Etik Guru
Kode etik guru Indonesia sebagai hasil rumusan kongres PGRI XIII pada tanggal 21-25 November 1973 di Jakarta. Antara lain sebagai berikut:
j. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
k. Guru memiliki kejuruan professional dalam menerapkan kurikulum sesuai kebutuhan anak didik masing-masing.
l. Guru mengadakan komunikasi, terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
m. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua anak didik sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
n. Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
o. Guru sendiri atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
p. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesame guru, baik berdasarkan lingkungan kerja maupun dalam hubungan keseluruhan.
q. Guru secara hukum bersama-sama memelihara, membina, dan meningkatkan mutu organisasi guru professional sebagai sarana pengabdiannya.
r. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan.

3.1.3 Aspek Profesionalisme Guru
Dari sumber lain, kemampuan dasar profesionalisme guru antara lain sebagai berikut:
a. Menguasai bahan
b. Mengelola program belajar mengajar
c. Mengelola kelas
d. Menggunakan media sumber
e. Memahami prinsip-prinsip dan mentafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran
f. Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
g. Menguasai landasan kependidikan
h. Mengelola interaksi belajar mengajar
i. Menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
j. Mengenal fungsi dan program pelayanan BK



DAFTAR PUSTAKA
Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam sertifikasi Guru . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT RENIKA CIPTA

14 komentar:

  1. Present norton antivirus with the best help gathering and keep your PC contamination free. norton.com/setup Download norton antivirus with the best help gathering and avoid disease attacks.

    BalasHapus

  2. Norton is a good antivirus that protects the system from online viruses and malware. Norton Antivirus is very easy to use. Users can download, install and activate it by Norton Setup.

    norton.com/setup

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing the "CODE OF ETHICS AND TEACHER PROFESSIONALISM" with us.
    Appreciated.!!

    BalasHapus
  4. Yeah it is true that educators have two meanings that have obliged to children.

    BalasHapus
  5. You guys have shared an amazing and a wonderful post and the blog is pretty helpful and informative as well.

    BalasHapus
  6. Office.com/setup Home & Student 2019 is an official link that help user to get their MS Office program activate. User can easily and safely download and install office program.

    Office.com/setup home & student 2019

    BalasHapus
  7. Disneyplus.com/Begin

    If you are a movie or web series lover, then you are at the right place. Recently due to the lockdown or Covid-19, watching movies in theatre was closed and banned. So people got bored in their house, and they had nothing to do. Because of this, the use of social media and online series increased. Due to this, Disney plus launched the latest movies and web series online on it. So we went crazy watching web series and movies on Disneyplus.com/Begin
    and other subscriptions.
    Disneyplus.com/Begin

    BalasHapus
  8. This is an excellent blog. Continue to share. I adore them. Are you looking for a low-cost assignment writing service as well? For you, we are the best option. We are well-known for providing students with low-cost tasks that do not require them to break the wallet. Disneyplus.com/Begin

    Disney Plus is the most popular streaming service, with over 15 languages and a large selection of world-famous content. With Disney Plus, you can watch movies, cartoons, and TV shows. Use the basic setup procedure from disneyplus.com/begin to download and install Disney Plus on your device. After you've created an account and selected a subscription plan, you're ready to start watching Disney Plus.

    Disneyplus.com/Begin
    Disneyplus.com/Begin

    This is an excellent blog. Continue to share. I adore them. Are you looking for a low-cost assignment writing service as well? For you, we are the best option. We are well-known for providing students with low-cost tasks that do not require them to break the wallet. Disneyplus.com/Begin

    Disney Plus is the most popular streaming service, with over 15 languages and a large selection of world-famous content. With Disney Plus, you can watch movies, cartoons, and TV shows. Use the basic setup procedure from disneyplus.com/begin to download and install Disney Plus on your device. After you've created an account and selected a subscription plan, you're ready to start watching Disney Plus.

    BalasHapus
  9. If this is clear then your tv is ready to play live network sports with the help of Fubo tv. So run to the subscription page of the Fubo tv connect and subscribe it fastly complete the other settings on your tv and mobile phones.
    FUBO tv/Connect

    BalasHapus
  10. First of all, if you have an Android TV, you don’t need to download or install a separate Disney plus application.Or you can also connect an external device like an Amazon fire stick or Roku device with your TV to get the Disney plus application.
    Disneyplus.com/Begin

    BalasHapus
  11. Then the steps to download and install the software of H & R Block on your windows and macOS is also given below. The process to file the tax for free is also given below. To know the process in detail follow the steps below.
    activate.hrblock.com
    activate.hrblock.com
    activate.hrblock.com

    BalasHapus
  12. Disney Plus clients can utilize the Disneyplus.com Begin accessible on your TV to determine the Disneyplus.com login/begin issue. Here in this article to actuate Disney Plus on your gadget, you can look through how to enter Disney Plus.Com Start 8-digit code.

    BalasHapus
  13. Cord cutters have long been able to watch local news stations by using antennas and free over-the-air broadcasts.But for cable news networks like Foxnews.com/connect (or CNN, MSNBC, and the rest of the gang), that won't work.There is a solution,though, and it's called a skinny bundle.Skinny bundles are exactly what they sound like: pay-TV packages that cut the fat by eliminating some of cable and satellite's less-watched channels and delivering a slimmed-down selection for a slimmed-down price.The skinny bundles we're talking about are also streaming services, so – like Netflix – they'll come into your home over the internet, and not in the traditional manner of cable or satellite.

    BalasHapus
  14. The Cricut setup or the Cricut Machine is an electric tool designed to cut various material like iron-on transfers, paper and vinyl. The Cricut machine is called the die-cutting Machine and can cut leather and wood. If you've purchased the Cricut maker but are unable to get it set up and you're not sure how to set it up, you're at the right spot. The website Cricut.com/setup can help you setup the Cricut machine. This is due to the subscription process and uploading the file or design you wish to use for your project. The cricut design space machine is made to cut vinyl, paper and a variety of other materials into different designs. The Cricut machine is extremely useful in architecture and for work on projects.

    BalasHapus

Terima kasih Atas Partisipasinya